Diberdayakan oleh Blogger.

Clementine, pemutar MP3 yang keren buat Linux.

Musik, bagi sebagian orang sudah menjadi sebuah bagian hidup yang tidak terpisahkan. Berbagai macam software pemutar musik atau file audio telah dikembangkan untuk berbagai macam perangkat dan OS. Khususnya pada perangkat PC dengan OS Linux, ragam perangkat lunak pemutar musik ini juga cukup banyak, diantaranya adalah Rythmbox, Banshee, Amarok, Clementine, dan masih banyak lagi. Masing-masing memiliki keunggulan tersendiri dalam hal memutar file audio.

Kembali kepada kebutuhan pengguna, apa sih yang dibutuhkan pengguna terhadap software pemutar musik. Kalau saya pribadi, saya akan mencari software yang mampu memutar berbagai macam format file audio, memiliki fitur equalizer, memiliki kemudahan dalam penelusuran library dan pembuatan playlist, tampilan yang minimalis serta kompak.

Namun belakangan ini muncul device yang namanya smartphone. Device ini mampu melakukan lebih banyak tugas dibandingkan hanya sekedar melakukan panggilan telefon atau mengirim pesan melalui SMS. Jika dilihat dari kelas tertinggi dari device ini, smartphone bahkan mampu melakukan apa yang bisa dilakukan oleh PC. Jadi bisa dibilang ini adalah PC yang bisa dimasukkan ke dalam kantong. Lalu apa kaitannya dengan topik di atas? Jadi begini, penulis adalah salah satu pengguna smartphone, jadi saya pribadi dalam hal pemilihan software pemutar musik, saya menginginkan software pemutar musik yang mampu dikendalikan melalui perangkat lain khususnya smartphone.

Dari semua kebutuhan yang saya inginkan akhirnya saya temukan pada Clementine. Software pemutar musik ini meiliki tampilan yang cukup menarik dengan dilengkapi spectrum analyzer dan moodbar. Meskipun sedikit bernuansa KDE, karena software ini adalah turunan dari Amarok, tetapi masih cukup cocok dan elegan saat dijalankan di atas lingkungan Unity dengan kostumisasi flat yang saya terapkan.

Clementine

Lebih dari yang saya harapkan, Clementine ini sudah terintegrasi dengan beberapa platform cloud yang udah terkenal, diantaranya dropbox, onedrive, soundcloud dll. Alhasil clementine ini mampu memainkan file musik yang ada di cloud secara langsung. Selain itu Clementine juga mampu menampilkan Info Artis dan lagu yang sedang dimainkan yang diambil dari berbagai macam sumber. Info lagu ini juga termasuk lirik lagu yang sedang dimainkan.

Clementine ini juga sudah mampu dikendalikan melalui perangkat smartphone android melalui aplikasi khusus yang telah dikembangkan oleh pihak pengembang. Aplikasi ini tersedia di Google Play Store dan bisa diunduh secara bebas. Aplikasi ini memiliki tampilan yang enak dipandang, dan UI yang mudah dioperasikan. Melalui aplikasi ini pengguna juga bisa mengunduh lagu yang dimainkan ke dalam smartphone.

Clementine Remote

Namun Clementine Remote ini masih menggunakan wifi sebagai perantara koneksi dan masih belum mendukung bluethooth sebagai alternatif. Dan hanya clementine versi 1.2.1 ke atas yang mendukung penggunaan remote melalui aplikasi android.

Sangat mengasyikkan ketika device yang kita punya bisa saling terkoneksi satu sama lain, sehingga memudahkan kita dalam melakukan aktifitas sehari hari dalam hal ini mendengarkan musik. Ini menjadi salah satu alternatif jika kita masih belum mampu membeli iDevice yang terkenal mahal itu.

Tutorial Instalasi :: http://ubuntuhandbook.org/index.php/2014/04/install-clementine-music-player-1-2-3-in-ubuntu-14-04/

APK :: https://play.google.com/store/apps/details?id=de.qspool.clementineremote

Terus gunakan Linux sebagai perangkat lunak bebas , gratis dan mumpuni.

Disqus Comments